Kamis, 06 Agustus 2009

Jenis Caps

Diposkan oleh Coast Boyz community!!

Bagi kita para graffiti artist, spray paint adalah senjata utama kita untuk beraksi. Dan untuk dapat bisa beraksi dengan maksimal, tentunya kita butuh spray cap. Masing-masing spray cap memiliki karakter khususnya masing-masing. Mari kita mengenalnya satu per satu.

Black Micro adalah sebuah cap yang berwarna full black. Ini membuatnya menjadi cap yang terlihat paling cool dibandingkan cap lainnya. Black Micro menghasilkan garis yang berjenis very-thin line dengan pinggiran tegas dan kepekatan yang sedang. Cap ini cocok untuk membuat outline.

Silver Super Fat merupakan salah satu cap paling serba guna yang pernah dibuat. Cap ini menghasilkan garis yang paling lebar dibandingkan cap lain, ditambah pinggiran yang tegas. Dengan menggunakan teknik tertentu yaitu menyemprotkan spray dengan jarak sangat dekat dengan permukaan gambar, cap ini bisa menghasilkan garis yang tipis.

Needle Cap bukanlah cap terbaik yang bisa dimiliki. Butuh keahlian sangat tinggi untuk menggunakannya. Cap ini bisa menghasilkan garis ultra-ultra-thin line dari mulutnya yang sempit. Namun karena mulutnya itu juga, cat yang disemprotkan terfokus pada satu titik dan akibatnya kepekatan catnya akan sangat tinggi, jika tidak digunakan dengan tepat, bisa banyak menghasilkan dripping dan splatter marks.

Grey Dot adalah seri pertama dari dot-colored caps. Ini adalah penghasil garis tertipis kedua setelah needle cap. Jika dibandingkan dengan Black Micro, ketebalan garisnya sama, namun kepekatan yang dihasilkan lebih ringan. Cocok untuk penekanan bagian tertentu pada gaffiti.

Black Dot nyaris sepenuhnya sama dengan grey dot, hanya saja garis yang dihasilkan oleh black dot sedikit lebih lebar.

Itu belum semuanya, masih ada jenis spray cap yang belum ”terabsen”, untuk lebih mengenal cap set selengkapnya, simak di artikel indie lifestyle berikutnya



Caps fits Montana vs. Caps fits Pylox

Diposkan Oleh: Coast Boyz Community!!!


FYI
Caps Fit Montana itu male caps atau caps cowo namanya (gambar caps yg sebelah kiri), dan masuknya ke cat kaleng yang di atasnya berlobang… Yang dapat menggunakan caps cowo ini selain Montana adalah Molotow dan Krylon (dan cat-cat kaleng semprot dari Eropa).
Untuk Caps Fit Pylox itu female caps dan masuknya ke cat kaleng yang diatasnya ada pipa kecilnya.




Seni Copy Paste Graffiti

Diposkan oleh Coast Boyz Community

Salah satu dari banyak macam style graffiti adalah stencil graffiti. Kalau kita mengenal teknik mencetak buku dengan cara stensil, dalam graffiti, cara ini tidak jauh berbeda. Bedanya adalah, kalau untuk cetak buku, stensil mengunakan plat metal, kalau untuk graffiti kebanyakan menggunakan kertas, karton, atau media apa pun.

Kelebihan dari stencil ini adalah karya dengan bentuk yang sama bisa dibuat berkali-kali di tempat yang berbeda-beda. Tinggal menempelkan kertas yang sudah distensil ke permukaan dimana loe ingin menaruh gambar loe, kemudian semprot dengan spray paint atau roll on. Jadi lah stencil graffiti loe. Kecepatan ini juga menjadi keunggulan tersendiri untuk stencil grafiti.

Tadinya stencil graffiti hanya bisa diaplikasikan untuk satu warna saja, namun kini dengan teknik layer, stencil graffiti bisa diaplikasikan dalam beberapa warna. Misalnya yang simple adalah gambar badan botol. Kita ingin botol berwarna merah dan tutupnya berwarna biru. Berarti kita harus membuat dua buah kertas stensil. Yang satu untuk membentuk gambar botol, yang satu lagi untuk tutupnya.

Pertama-tama semprotkan dulu kertas yang membentuk botol, lalu angkat, kemudian semprotkan diatasnya, kertas yang distensil tutup botol. Ukuran kertas harus sama agar memposisikan kertas tidak sulit.



Jenis - Jenis Dasar Graffiti

Diposkan oleh Coast Boyz Community!!

Graffiti bukan cuma satu macam. Ada banyak macamnya, namun pada dasarnya, jenis-jenis graffiti bisadibagi menjadi 3 bentuk di bawah ini.

1. Graffiti tagging
Gaya graffiti jenis ini lahir di Philadelphia di tahun 1960an. Dipelopori oleh Cornbread dan Cool Earl. Karena hanya tagging, biasanya graffiti jenis ini cuma berupa semacam tanda tangan sang graffiti artist di tempat-tempat di seluruh kota. Salah seorang yang paling dikenal adalah TAKI 183, seorang graffiti artis dari New York yang menandai seluruh kota New York (yang biasa dilaluinya dengan tanda tangannya, TAKI 183 tadi). Setelah profilnya masuk media, banyak anak muda NY kemudian mengikuti gaya graffitinya.

2. Bombing
Dalam dunia per-graffitian, “bombing” sering disebut sebagai kegiatan vandalisme, karena biasanya bomber (sebutan untuk orang yang melakukan bombing) meletakkan logo atau tandanya di tempat-tempat milik orang lain (tanpa ijin tentunya). Bentuk bombing bisa bermacam-macam, namun kesemuanya terjadi secara ilegal.

3. Graffiti berdasar tempat
Subway graffiti, biasanya di luar negeri tempat pertama yang jadi sasaran para pembuat graffiti adalah di subway, terutama di daerah New York. Nama untuk graffiti yang dilakukan di subway beda-beda, mulai dari panel piece (yang digambarkan di bagian bawah jendela kereta dari pintu ke pintu), coverall (di semua bagian termasuk jendela) sampai whole trains (kesemua kereta 8-10 gerbong).


Pilih - Pilih Spray Paint Import


Diposkan oleh Coast Boyz Community!!

Kalau di Indonesia mungkin para graffiti artist sudah akrab dengan spray paint yang namanya Pylox. Untuk merek import, pasti kenalnya sama spray paint berlabel Montana dan Molotow. Kalau disuruh memilih antara dua spray paint ini, mana yang akan loe pilih?


Karakter Montana sangat glossy, sedangkan Molotow cenderung matte. Ini berarti warna-warna Montana lebih mengkilap. Di outdoor (dimana akan ada banyak cahaya), Montana akan terlihat lebih reflektif. Secara umum, ini artinya warna-warna terang Montana terlihat lebih cerah, sementara warna gelap Molotow terlihat lebih mantap.

Molotow menggunakan pigmen yang mengandung kristal lebih kecil dibandingkan cat Montana. Ini berarti kaleng cat Montana harus lebih sering dikocok daripada Molotow.

Montana memiliki sistem tekanan cat yang sudah baku. Sementara Molotow memiliki tekanan yang bisa diatur-atur. Makin keras cap Molotow ditekan, makin banyak cat yang tersemprot. Jika ditekan dengan pelan, kita bisa menghasilkan fleck effect. Namun ini masih tetap harus digunakan dengan hati-hati. Tekan keras sedikit saja bisa berantakan fleck effect-nya.

Secara keseluruhan, tekanan Molotow lebih rendah daripada Montana. Ini membuat Molotow menghasilkan garis yang lebih ringan dan sempit. Di satu sisi, hal ini menghasilkan kontrol yang bagus dan hemat cat. Di sisi lain, graffiti besar bisa memakan waktu lebih lama jika dikerjakan dengan cat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar